IATMI-KSA berpartisipasi dalam Kegiatan International Cuisine Festival

0
644

IATMI-KSA (Komisariat Saudi Arabia) berpartisipasi dalam Kegiatan International Cuisine Festival

ksa

Jakarta – International Cuisine Festival telah diselenggarakan oleh SAEA chapter Abqaiq pada Jumat 6 November 2015 mulai pukul 16:00 hingga 21:00 di Deer Park, Abqaiq. Peserta bertambah menjadi 18 booth dari 12 booth tahun lalu. Acara tahunan SAEA ini diadakan setiap awal musim dingin sebagai hiburan warga Abqaiq camp dan untuk merasakan aneka macam atau jenis masakan Internasional oleh penghuni Abqaiq camp.

Masyarakat Indonesia di Abqaiq yg berjumlah sekitar 16 keluarga turut ambil bagian pada International Cuisine Festival 2015, ini merupakan keikutsertaan yang ke 2. Tema booth tahun ini mengangkat budaya Betawi dan Ondel-Ondel Jakarta sementara tahun 2014 tema booth adalah Wayang dan Batik. Rencana kedepan kita akan mencoba tema Minangkabau dengan rumah gadangnya, Insya Allah.

Booth Indonesia kami tata dengan indah dengan membuat replika topeng Ondel-Ondel Jakarta dan warna merah putih sebagai latar pada umumnya. Seragam yang kami gunakan adalah betawi lengkap dengan peci dan sarung dipundak dan beberapa menggunakan baju batik. Menu makanan yg dihidangkan tahun ini adalah Rendang+lontong, Sate+lontong dan Nasi goreng. Variasi makanan yang kami jual membuat banyak pengunjung tertarik untuk mencoba serta tidak sedikit yang bertanya dan meminta resep membuat rendang dan nasi goreng.

Saat yang kami nantikan dan begitupun peserta lain adalah pengumuman juara booth. Alhamdulillah, pelaksanaan kali ini kami meraih juara 2 sebagai booth terbaik dari 18 booth yang berpartisipasi. Hal ini suatu keberhasilan jika dibandingkan tahun lalu sebagai juara 3. Walaupun ada sedikit kontroversi tentang hasil keputusan panitia SAEA yang merugikan booth Indonesia, kami berjiwa besar dengan hasil keputusan dewan juri dan tetap maju menerima hadiah dari panitia.

Kriteria yang SAEA gunakan sebagai penentuan juara adalah :

  • Organization
  • Neatness
  • Creativity & Originality
  • Color Coordination
  • Use of a theme
  • Cleanliness
  • Food/Craft Display
  • Poster/Signs
  • Decorations
  • Waste Management

Diluar hasil kontoversi penentuan juara, kami semua gembira dan bersuka cita selama kegiatan ini berjalan karena telah terjalin kerjasama dan gotong royong diantara Bapak-bapak dan Ibu-ibu warga Indo-Abqaiq. Gotong royong sudah kami terapkan selama mempersiapkan rencana kegiatan, membuat booth, memasak semua jenis makanan dan selama pelaksanan kegiatan. Festival ini sudah menjadikan kami warga Indo-Abqaiq semakin kompak dan akrab. Terima kasih buat kekompakannya.

Terima kasih untuk Ketua dan teman-teman anggota IATMI-KSA yang sudah datang jauh-jauh dari kota Dahran, Khobar dan kampoeng Udhalia untuk memeriahkan booth kami selama festival berjalan. Berbaur dan partisipasi bersama kami untuk memperkenalkan makanan Indonesia dan Indonesia umumnya ke pengunjung sehingga semakin banyak pengunjung yang membeli dan mencoba makanan Indonesia dan tidak lupa juga telah mengabadikan seluruh kegiatan ini baik formal maupun informal.

Salam,
IATMI-KSA