IATMI SM Event : “GEOPETRA” GEOLOGY OF PETROLEUM MAGMADIPA 2015

0
206

IATMI SM Event

“GEOPETRA” GEOLOGY OF PETROLEUM MAGMADIPA 2015

3 – 5 Oktober 2015, Semarang

GEOPETRA merupakan salah satu rangkaian dari Geological Events Of Magmadipa 2015 (GEMA 2015), yang dilaksanakan pada tanggal 3 – 5 Oktober 2015  oleh IATMI SM UNDIP. Latar belakang dilaksanakannya acara ini adalah dengan melihat dari adanya krisis sumber daya alam yang merupakan bagian dari dampak paradigma perkembangan nasional yang semakin gencar melakukan pembangunan diberbagai bidang. Oleh karena itu, IATMI SM UNDIP berinisiasi untuk menyatukan ide dan mengembangkan inovasi dari insan Mahasiswa di Seluruh Indonesia demi mengembangkan ketahanan energi nasional dengan mengadakan event akbar tersebut. Visi dari acara ini adalah untuk membangun relasi antar Seksi Mahasiswa IATMI di seluruh Indonesia dan bersinergi dengan dunia Industri maupun pemerintahan, untuk membangun integritas dan inovasi Mahasiswa mengenai solusi dari isu energi Indonesia, dan sebagai media Mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi dan wawasan dalam bidang energi.

Adapun beberapa rangkaian acara di Geopetra, yaitu Gathering National, Smart Competition, Paper Competition dan IATMI Goes Field. Gathering National  merupakan sarana khusus IATMI untuk seluruh Seksi Mahasiswa di Indonesia berkumpul dalam satu event yang diharapkan mampu untuk menjaga dan melestarikan warisan para leluhur, dan melalui acara gathering ini, acara GEOPETRA secara resmi dibuka oleh Bapak Alfi Rusin selaku Ketua Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia. Pada kegiatan ini kami juga memberikan suatu kejutan kecil kepada Bapak Alfi Rusin yang berulang tahun pada tanggal 1 Oktober 2015.

Smart Competition diadakan dalam bentuk cerdas cermat yang mempertemukan seluruh Seksi Mahasiswa IATMI dari masing-masing Universitas. Juri yang diundang pada Smart Competition merupakan seorang profesional yang bergerak di bidang Industri Oil and Gas Nasional. Untuk juara dari Smart Competition ini diraih oleh tim ITB (Juara 1), tim Undip A (Juara 2), dan tim UP45 B (Juara 3).

Kemudian untuk Paper Competition peserta diharapkan mampu menuangkan ide & inovasi mereka dalam sebuah karya penelitian sesuai dengan tema yaitu “Conventional & Unconventional Energy”, yang akan lanjutkan dengan presentasi mengenai karyanya tersebut. Untuk juara dari Paper Competition ini diraih oleh Riza Debrian Mahantara, Teknik Geologi ITB (Juara 1), Ricky Aditya F dan Alifah Ratu S, Teknik Perminyakan ITB (Juara 2), dan Agatha Armadhea Vasti dan Elok Anisa Devi, Teknik Geologi UNDIP (Juara 3). Dan rangkaian acara terakhir dari GEOPETRA adalah “Geopetra Goes Field” yang diadakan di Candi Gedongsongo, Ungaran, Kabupaten Semarang, yang merupakan daerah dengan manifestasi geothermal yang aktif. Dalam kunjungan lapangan ini, diisi oleh seorang pakar ahli Geothermal yaitu Bapak Dede Irama dari Asosiasi Panasbumi Indonesia.

Dengan adanya event seperti ini, semoga kita sebagai generasi muda dapat menyumbangkan banyak ide dan inovasi dalam bidang energi, karena energi adalah motor penggerak peradaban, dan kita adalah penggerak muda dengan semangat profesionalisme untuk membangun negeri. (SMUNDIP)

#GOIATMI